Berita


14 Jan 2018, 14:09
Pekan Studi Semester Ganjil

Rabu, 10 Januari 2018 – 12 Januari 2018 Para Frater Skolastik komunitas Biara Nazareth mengikuti pekan studi yang bertema “Kepemimpinan dan Manajemen Diri“. Pekan studi bertujuan untuk mengembangkan keterampilan dasar para Frater agar dapat menjadi pekerja kebun anggur yang mahir dan suci. Pekan studi kali ini skolastikat MSF mengundang bapak Julius Nagel sebagai pembicara sekaligus memberikan pendalaman sekitar tema yang dipilih. Beliau adalah dosen tetap Universitas Widya Mandala Surabaya yang juga sebelumnya pernah mengeyam pendidikan di Skolastikat MSF.

Materi pertama yang dipilih dalam pekan studi untuk semester ini yakni Kepemimpinan. Kepemimpinan merupakan salah satu pilar penting yang sangat diperlukan bagi seorang calon imam. Karena sebagai imam nantinya, pasti akan menjadi pemimpin bagi umat-umatnya guna membawa, membantu mereka menuju jalan kebaikan dan kebenaran. Maka, untuk menjadi seorang pemimpin yang ideal diperlukan sebuah model kepemimpinan yang dapat nguwongke umatnya. Melalui materinya, Pak Nagel memberikan pandangan mengenai bagaimana menjadi pemimpin yang nguwongke , baik itu dari model dan caranya. Pada prosesnya beliau sangat antusias untuk menjelaskan semua materi, begitu pun juga para frater yang sangat serius mendengarkan beliau menjelaskan mengenai materi tersebut. Selain memberikan materi beliau juga melengkapi dengan sharing mengenai pengalaman beliau. Maka para fraterpun juga merasa diteguhkan dengan mendengar sharing dari beliau. Pekan studi kali ini juga sangat santai tidak dan tidak terlalu menegangkan seperti belajar di kampus, tetapi kendati santai kami malah mendapat banyak hal berkaitan dengan kepemimpinan. Untuk semakin memahami materi para frater diberi kesempatan untuk membuat suatu drama yang berkaitan dengan gambaran dan model-model tentang bentuk kempemimpinan.  

Hari kedua dan ketiga kami membahas mengenai manajemen diri. Guna berproses menjadi orang yang makin dewasa. Salah satunya diperlukan manajemen diri yang efektif. Seorang yang dewasa adalah seorang yang dapat mengurus, memanage dirinya sendiri dengan baik. Pada kesempatan kali ini, para frater juga diajarkan banyak hal tentang mengatur keuangan dan bagaimana menggunakan keuangan secara efektif dan bijak.