Berita


14 Jan 2018, 14:00
Hari-hari Nazareth Tingkat I

Rabu, 3 Januari 2018 para frater tingkat 1: Fr. Sumunar, Fr.Timothy, Fr.Wiliam, Fr. Krisna, dan Fr. Aji, bersama- sama berangkat menuju tempat penginapan Oemah Petruk, jalan Kaliurang km 40 untuk memulai hari-hari Nazareth. Hari- hari Nazareth selama empat hari itu diadakan setiap awal tahun baru atau awal libur semester satu, dan wajib diikuti oleh para frater tingkat satu. Hari-hari Nazareth merupakan kesempatan bagi para frater untuk melihat kembali pengalaman hidup panggilan selama satu semester pertama sebagai frater Skolastik. Dalam kesempatan retret ini, para frater juga diajak untuk mengolah kembali hidup rohani dan hidup bersama sebagai satu angkatan secara khusus untuk mempersiapkan diri dalam melanjutkan semester berikutnya. Retret Hari- hari Nazareth kali ini dibimbing oleh Rm. Andreas Tri Adi Kurniawan, MSF.

Dalam kesempatan retret selama 4 hari ini, Rm Andre lebih banyak memberi kesempatan kepada para frater untuk berinteraksi satu sama lain. Melalui perjumpaan selama 4 hari diharapkan para frater tingkat satu bisa lebih saling mengenal satu sama lain.  Maka dalam setiap kesempatan sharing para frater diharapkan untuk saling memberikan masukan demi perkembangan masing-masing pribadi. Suasana tempat di Oemah Petruk pun turut  mendukung para frater untuk semakin lebih dekat. Para frater di tempatkan di salah satu rumah joglo dengan model tempat tidur yang cukup dipakai bersama.

Hari-hari Nazareth juga merupakan kesempatan yang tepat untuk mengisi liburan dan menata kembali pikiran dan tenaga yang selama satu semester ini dipenuhi dengan berbagai macam kesibukan, baik di kampus maupun dalam hidup bersama. Oleh karena itu tema yang diberikan oleh Rm pembimbing juga kontekstual dengan proses hidup para frater tingkat satu, yaitu menjadi pribadi yang semakin integral. Bahan retret sesuai tema berguna untuk melihat kembali pengalaman adaptasi selama satu semester pertama serta bagaimana menghidupi ke-3 kaul. Dalam kesempatan retret ini, para frater berkesempatan untuk mencari dan menemukan nilai-nilai kehidupan di balik pengalaman perjumpaan melalui aktivitas peregrinasi. Peregrinasi untuk mencari suatu objek dan menemukan value/nilai dari objek tersebut dilakukan di daerah wisata kaliurang.

Akhirnya, bagi kami para frater, pengalaman hari- hari Nazareth menjadi pangalaman yang menggembirakan, sekaligus mengasyikan karena banyak nilai yang dapat kami temukan dari berbagai kesempatan baik dari bahan retret yang diberikan, melalui sharing bersama, juga melalui perjumpaan dan rekreasi bersama.