Berita


06 Oct 2019, 22:07
Rekoleksi Bulan Oktober

Rekoleksi Bulan Oktober

“Anak-anak ku, sangat hormatilah Bunda Maria dari La Salette sebab dari padanyalah kita semua menerima apa yang telah ada. Hormatilah dia, saya sangat menekannya, sebab kepadanyalah saya telah membaktikan hidupku sebagai imam….. Di kemudian hari devosi itu harus diteruskan ke dalam semua rumah tarekat kita” Jean Berthier.(pl : 103)

Di awal bulan ini, para Frater Skolastik MSF kembali mengadakan rekoleksi bulanan. Rekoleksi diadakan pada Sabtu-Minggu, 5-6 Oktober 2019, di Biara Nazareth Skolastikat MSF Yogyakarta. Pada kesempatan rekoleksi kali ini, tema yang direnungkan adalah “Menghidupi Kesetiaan dan Keibuan Bunda Maria Dalam Melaksanakan Tugas Perutusan Misionaris MSF”. Tema tersebut dipilih sekaligus karena bertepatan dengan bulan Oktober yang dianugerahkan Gereja untuk menghormati Bunda Maria. 

Dalam rekoleksi ini, kami dibimbing oleh Br. Thomas Pratiknya Kumara, MSF. Dalam konferensinya, Bruder Thomas menyadarkan dan mengajak para skolastik agar semakin memiliki sikap iman dan kesiapan melaksanakan tugas perutusan seperti Bunda Maria. Sebagai religius muda MSF, para skolastik dipanggil untuk merenungkan dan menghidupi keutamaan iman dan kepribadian Bunda Maria. Dengan merenungkan hal tersebut, para skolastik diarahkan agar semakin dapat menjalin relasi yang mendalam dengan Putera-Nya seturut teladan Bunda Maria.

Sikap iman, keutamaan kepribadian yang meliputi kesetiaan, kerendahan hati, dan keibuan Bunda Maria menjadi pokok utama dalam rekoleksi para skolastik MSF pada bulan Oktober ini. Melalui kisah pengalaman dan keutamaan hidup, Bruder Thomas memberikan motivasi dan dukungan kepada kami agar memiliki kualitas hidup yang sejalan dengan panggilan. Melalui devosi kepada Bunda Maria, kita dapat menyampaikan segala permohonan dan segala hal yang kita dapatkan dalam kehidupan kita. Dengan begitu doa menjadi sumber dan kekutan kita dalam menjalani kehidupan di dunia ini dan kelak kita pun akan menerima buahnya.

“Ada banyak Taman Doa dan Goa Maria di Indonesia tempat itu sunggung baik, memiliki bunga-bunga yang indah dan akan lebih indah lagi jika kita berdoa bersama di sana” Br. Thomas Pratiknya Kumara, MSF.

 

 oktobercc