Budaya


Saur Matua: Pesta Kematian Orang Batak Toba
william - 01 May 2018, 14:06
Masyarakat Batak pra-Kristen percaya bahwa kematian merupakan masa transisi kehidupan dari alam nyata menuju kehidupan alam orang mati. Mereka percaya bahwa orang yang sudah mati jiwanya terus menempuh perjalanan ke alam lain. Campur tangan orang yang masih hidup dibutuhkan dalam membantu orang mati saat terjadinya perpindahan alam kehidupan.
Share :
KEMATIAN DALAM BUDAYA JAWA
Leo Purnanto - 29 Mar 2017, 01:11
Kematian adalah suatu hal yang pasti dialami oleh semua makhluk hidup tanpa kecuali. Karena semua makhluk hidup akan mengalami kematian, pandangan tentang kematian itu sendiri menjadi sangat beragam di berbagai tempat. Pandangan tentang kematian yang berbeda-beda di tiap daerah akan menghasilkan cara yang berbeda pula dalam memaknai kematian.
Share :
Tradisi Nasi Gunung demi Keselamatan dari Ancaman Erupsi Gunung Merapi
Edwin Nur Istanto - 18 Feb 2017, 00:51
Salah satu ritual yang ada di daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah adalah ritual selamatan yang ada di Gunung Merapi. Di tempat tersebut ada berbagai macam ritual untuk keselamatan yang dipakai.
Share :
Ritual Berbau Kematian yang Berguna bagi Kehidupan
Skolastikat - 15 Dec 2016, 16:09
Saat menjelang bulan Ramadhan beberapa tahun yang lalu, saya sempat mengikuti suatu ritual mendoakan orang yang sudah meninggal di daerah Temanggung.
Share :